Memahami Energi Mekanik dalam Pertandingan Badminton | Fisika Kelas 7

 Energi merupakan kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha. Kok suatu benda bisa punya energi? Suatu benda dikatakan memiliki energi apabila benda tersebut dapat menghasilkan gaya yang bisa melakukan kerja. Contohnya pada permainan badminton ini.

badminton
Permainan Anthony Ginting dalam Asian Games 2018 (Sumber: Indosiar via Youtube)

 

Ada 3 jenis hukum energi yang digunakan dalam permainan badminton, yaitu:

 

Energi Kinetik

Energi kinetik merupakan energi yang timbul karena suatu benda bergerak. Dalam permainan badminton, energi kinetik merupakan energi yang dikeluarkan para atlet agar shuttlecock mampu terbang ke arah lawan.

Baca juga : Konsep Energi dalam Fisika

Energi kinetik ini dapat dihitung dengan cara:

EK = ½ mv2

di mana:

EK = energi kinetik (J)
m = massa benda (kg)
v = kecepatan gerak benda (m/s)

 

Energi Potensial

Energi potensial merupakan energi yang dimiliki oleh suatu benda karena ketinggian atau posisinya. Kunci dari energi potensial ini adalah semakin tinggi benda, maka semakin besar juga energi potensialnya. Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh shuttlecock ketika sudah berada di udara dan menuju ke arah lawan.

Penghitungan energi potensial ini adalah dengan cara:

EP= m.g.h

di mana :

EP = Energi Potensial (J)
m = massa benda (kg)
g = percepatan gravitasi (m/s2)
h = tinggi benda (m)

 

Energi Mekanik

Energi yang terakhir adalah energi mekanik. Energi mekanik merupakan jumlah energi kinetik dan energi potensial dalam suatu benda yang digunakan untuk melakukan usaha. Dengan kata lain, energi dalam suatu benda karena gerakan, atau posisi, atau keduanya. Contoh dari energi mekanik ini adalah kegiatan service. Mulai dari pemain memukul bola (mengeluarkan energi kinetik), dan shuttlecock terbang melambung (energi potensial) dan jatuh ke lapangan lawan.

 

EM = EP + EK

 

pengertian energi mekanik

Jadi, dalam setiap pergerakan atlet ketika sedang bertanding, mereka mengeluarkan energi yang sedang kita pelajari ya Squad! Tidak hanya dalam olahraga badminton, kegiatan sehari-hari kita juga menggunakan energi mekanik kok. Misalnya menutup pintu rumah, bermain basket, sampai abang-abang ojek yang lagi dorong motor mogok di depan rumah kamu.

Komentar